TAKUT

Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke tempat kakak saya. Kami biasa diskusi tentang keluarga, kerja, bisnis, dll.

Kakak saya ini orang yang spesial buat saya, selain paling pintar di keluarga dia orang yang berani ambil resiko dalam bisnis. Setiap ada peluang, walaupun dia tidak bisa atau belum pernah mengerjakan bisnis tersebut, dia selalu bilang "bisa". Kadang hal-hal yang menjadi bidang saya pun dia ambil juga.
Keberaniannya ini yang membuat saya kadang iri dengannya. Terlalu banyak mikir, itung-itungan, ngga ada modal, ngga enakan dan berbagai alasan lain yang membuat saya tetep jalan ditempat, menunggu dana tetap tiap awal bulan.
Kakak saya punya kekurangan yaitu dia tidak tahu cara me-leverage bisnisnya sehingga dari dulu sampe sekarang tidak banyak perubahan.

kembali ke laptop...

Saya sebagai adik datang membantu memberi saran sesuai kemampuan saya dari ilmu yang saya dapat di komunitas Tangan di Atas (TDA). Berikut percakapannya:
A : Gus... (nama kakak saya Rudy Agus). lu dari dulu usaha sampe sekarang ngga banyak berubah, kalo gw liat sih.. ngga ada sistem di bisnis lu.
K : Ga ada sistem gimana?
A : Lu ga punya cashflow, uang usaha kecampur sama uang pribadi, ngga ada marketing, lu hanya nunggu orang dateng. Orang mana tau lu punya usaha ginian.
K : Iya sih... tapi mendingan gw punya usaha, nah lu cuma ngomong doang... Lu ilmu bisnis dah banyak, ikut komunitas yang kata lu action oriented, tapi sampe sekarang ngga action2. Masalah lu cuma satu, lu "TAKUT"!!! mulai usaha.
A : gerrrr.... (Gerah dan galau campur aduk, liat aja nanti PASTI gw akan buka usaha, dalam hati saya)
A : (diam seribu bahasa)

Itulah sekilas percakapan saya dengan kakak yang sudah melalui editing terlebih dahulu tanpa menghilangkan maknanya.

Jadi itu intinya "TAKUT". Kata2 ini yang membuat saya diam tak bisa berkata apa2, saya sejenak melamun menerawang "flashback" kehidupan saya. Dulu saat saya masih SD saya diajarkan buka usaha ternak ikan (lele, cupang, maskoki, coral, dll) disamping rumah saya dgn beberapa kolam, cari pakan sendiri dikali, empang dan sawah, usaha ini dapat berjalan sampe sy SMP. Sewaktu sy SMP usaha ini mulai goyah, banyak saingan, cari pakan susah karena sawah dan empang sudah jadi bangunan, akhirnya gulung tikar. Lalu ibu saya buka warung gado2, ketoprak dan es campur, saya ikut juga membantu dalam pembuatan sampe penjualanya tapi tidak full. Usaha ini tidak berjalan lama karena ibu saya harus mengurus adik2 saya. Waktu SMA saya tidak buka usaha tapi kerja, mulai dari kerja dengan paman, sampe kerja jadi kuli bangunan. Kerja yang terakhir ini yang terasa berat banget saya kerjakan, waktu itu buat septitank, saya jadi kenek (asisten tukang), angkut tanah, aduk pasir dan semen, wuih.. keringat sebesar biji mangga mengalir dari seluruh tubuh saya.
Tak terasa waktu berlalu, lalu saya kuliah ambil jurusan komputer (manajemen informatika), saya berusaha untuk tidak membebani orang tua. Saya cari beasiswa, Alhamdulillah dapat dari BAZIS dan dari kampus juga. Karena beasiswa yang didapat masih kecil hanya cukup buat ongkos dan itupun di rapel per tiga bulan akhirnya saya cari sampingan lagi. Waktu itu yang kepikiran saya adalah Ngojek, ya.. ngojek anda tidak salah baca. Saya gunakan motor vespa bapak saya untuk ngojek, motor itu juga dipakai bapak untuk kerja. Setelah sholat subuh sekitar jam 5-an saya berangkat ngojek sampe jam 8-an karena motor dipakai bapak utk kerja. Setelah ngojek saya kuliah naik angkot berdesak2an kadang dapat dipintu kakipun cuma satu yang berpijak lewat tol pula, nyawa taruhannya. Semakin lama banyak saingan ngojek, saya ngalah untuk tidak ngojek lagi karena yang ngojek rata2 pengangguran, tidak kuliah dan ada yg punya anak istri.
Otak saya mikir lagi apa yang harus sy kerjakan. Akhirnya ketemu juga ide, waktu itu tahun 1998 sedang krisis moneter, lagi ramai2nya cafe tenda. Saya ikut2an buka cafe dengan beberapa teman saya. Cafe kami ada ciri khas sendiri, selain menu yg biasa disajikan seperti roti bakar, pisang bakar, siomay, kami juga jual makanan khas daerah betawi hasil kreasi kami yaitu getuk goreng capur keju dan susu. Sebenarnya getuk ini tidak digorengpun sudah enak karena dari singkong yang dikukus lalu ditumbuk, dipotong2 belah ketupat di kasih gula merah cair. ehmm enaknya. Tapi usaha ini tidak berjalan lama sekitar 6 bulan, karena kerja banyak orang malah ngga bener manajemennya, ada yg benar2 kerja, ada yg hanya mau untungnya. akhirnya bubaaar.

Bersambung

he...he... biar penasaran


Nur Alam
TAKUT TAKUT Reviewed by nur alam on 11:20 AM Rating: 5
Powered by Blogger.